Polres Bengkulu Selatan Amankan Ratusan Liter Tuak yang Akan Dikirim ke Seginim

140
Tim Penyidik Polres Bengkulu Selatan saat Meminta Keterangan Terhadap Pemilik Tuak/ Foto: Progres

PROGRES.ID, MANNA- Anggota Polres Bengkulu Selatan berhasil mengamankan Pick up L300 bernomor  polisi BD 9880 PB yang diduga membawa ratusan liter tuak Selasa (31/1/2017) pagi.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Ordiva, S.IK melalui Kasat Resnarkoba Iptu Ahmad Khairuman, SE mengatakan, pihaknya merasa curiga terhadap angkutan yang melintas di Jl. Raya Kelutum Desa Pasar Pino dan langsung melakukan pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan tersebut polisi menemukan 10 jerigen air minum yang diduga tuak dan disembunyikan dalam terpal. Pihak polisi pun langsung mengamankan sopir untuk dimintai keterangan.

“Benar, hari ini Polres Bengkulu Selatan telah mengamankan kendaraan roda empat jenis pick up L300 yang mengakut tuak sebanyak 250 liter dalam 10 jerigen. Semua barang bukti tuak dan mobil serta sopir selaku pemilik pun diamankan di Mapolres Bengkulu Selatan,” terang Ahmad.

Sementara itu, Wanto alias Iwan yang merupakan sopir angkutan tersebut mengaku pihaknya akan membawa ratusan liter tuak ke Daerah Seginim.

“Saya bermaksud akan mengantarkan pesanan warga Seginim,” terang Iwan.

Keseharianya, Iwan memproduksi gula merah yang terbuat dari air nira kelapa di Desa Purbosari Kab. Seluma. Karena tergiur dengan harga tinggi yang mencapai Rp. 140.000 setiap jerigenya, pesanan membuat minuman tuak pun ia terima.

“Biasanya saya buat kalau ada pesanan saja,” lanjutnya lagi.

Menurutnya, selain Desa Purbosari ada dua desa lagi yang merupakan sentra pembuatan gula merah, seperti Desa Talang Prapat dan Desa Rimbo Keduy Kab. Seluma.

Meski demikian, pihaknya telah menggeluti usaha minuman tuak tersebut selama tiga tahun terakhir. (yan)

 

LEAVE A REPLY