Wisata Alam Lubuak Langkap, Tersimpan Fenomena Air Terjun Yang Belum Terungkap

336
wisata lubuak langkap
Objek wisata Lubuak Langkap yang ramai pengunjung saat pergantian tahun | ist/PROGRES BS/

PROGRES.ID, MANNA – Pada peringatan Tahun Baru 2017 yang lalu, salah satu obyek wisata alam “Lubuak Langkap” yang berlokasi di Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi tujuan utama para pengunjung. Dengan air pegunungan yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Ordiva, S.IK mendukung pengembangan objek wisata ini dan mengharapkan pengunjung obyek wisata bukan hanya dari Bengkulu Selatan saja namun dapat lebih diperkenalkan ke mata dunia.

” Bila obyek wisata ini ditata dengan rapi, tentu akan menjadi obyek wisata alam yang menjadi tujuan utama masyarakat ketika liburan atau rekreasi bersama keluarga. Tidak menutup kemungkinan akan ada para wisatawan yang datang dari luar,”ujar Kapolres.

Hal senada diungkap oleh Fredy selaku masyarakat. Ia sangat antusias mengharapkan kedepan pemerintah Bengkulu Selatan dapat membangun Obyek Wisata Lubuak Langkap menjadi bagian dari proses pembangunan di Bidang Pariwisata Daerah.

” Harapan saya, Pemkab Bengkulu Selatan dapat membangun dan menjadikan Obyek Wisata Lubuak Langkap ini sebagai daerah tujuan wisata. Dan tentu dengan pembangunannya yang disesuaikan dengan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah,”ungkap Fredy.

Obyek wisata alam Lubuak Langkap bukan hanya memiliki aliran sungai yang jernih dan alami. Akan tetapi juga fenomena air terjun yang terdapat di hulu sungai juga memiliki daya tarik tersendiri. Namun belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah.

Bupati BS H. Dirwan Mahmud mengatakan bahwa dengan ramainya pengunjung ke objek wisata bendungan Lubuk Langkap tentunya bisa menambah daftar destinasi wisata andalan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Untuk itu kedepan Lubuk Langkap rencananya akan dilakukan penataan ulang untuk menambah daya tarik wisatawan.

Keberadaan objek wisata ini tentunya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

” Keberadaan pariwisata ikut mendorong perekonomian masyarakat. Ada jasa sewa ban, dan makanan bisa dijual oleh warga,”kata Dirwan.

Supaya pengunjung betah dan nyaman, Bupati juga meminta camat Air Nipis dan dan Kades Suka Maju untuk menjaga kebersihan. Selain itu rasa aman dan kenyamanan kepada pengunjung sehingga Lubuk Langkap tetap menjadi idola bagi para pengunjung saat musim liburan.

Potensi spot lain selain sungai Air Bengkenang yang jernih dan segar untuk wisata pemandian alam, di Lubuk Langkap juga baru ditemukan 2 air terjun berdekatan. Bila dikelola dengan baik, daerah Lubuk Langkap akan menjadi tujuan wisata alam.

” Mari kita jaga bersama potensi yang ada. Jaga kebersihan dan keamanan lokasi,” imbuh Dirwan. (Yan)

LEAVE A REPLY