Usulkan 803, BS Dapat Dana Stimulan Untuk 662 RTLH

65
Seprian Kadis PRP
Septian Erwadi | Foto: Dok. PROGRES BS

PROGRES.ID, MANNA – Bengkulu Selatan mendapat bantuan dana stimulan untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 662 unit. Padahal sebelumnya, Pemkab Kepahiang mengusulkan 803 unit RTLH.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Bengkulu Selatan Ir. Sulistero, MM melalui Kepala Bidang Perumahan Septian Erwadi, ST saat diwawancarai jurnalis, Jumat (8/9/2017).

“Awalnya kita mengusulkan sebanyak 803 unit, namun setelah dilakukan verifikasi ulang ternyata kita dapat hanya 662 unit. Selebihnya sudah rehab sendiri, jadi dinillai sebagai rumah laik huni. Makanya yang bisa diakomodir sesuai dengan fakta di lapangan sebanyak 662 unit,” ujar Septian.

Septian menjelaskan, total RTLH yang menerima bantuan dana stimulan itu tersebar di Kecamatan Kota Manna, Kecamatan Ulu Manna dan Kecamatan Kedurang Ilir.

“Dana yang diterima setiap RTLH tidak sama, tergantung kondisi rumah. Untuk RTLH dalam kondisi rusak ringan dapat dibantu sebesar Rp 7,5 Juta, kondisi sedang sebesar Rp 10 Juta dan kondisi berat sebesar Rp 15 Juta,” terangnya.

Septian Erwadi menjelaskan, hingga saat ini kucuran dana untuk penerima bantuan dana stimulan RTLH masih dalam proses, dan setelah administrasinya tuntas, maka bantuan akan diterima langsung oleh warga melalui rekening bank masing-masing.

“Untuk tahap I ini dana yang akan masuk ke rekening penerima sebesar 30 % dari total dana yang akan diterima setiap RTLH, dan selanjutnya dana tersebut akan ditransfer ke rekening pihak ketiga selaku penyuplay material. Tentu ini dilengkapi dengan kontrak atau perjanjian kerja sama antara pihak ketiga dengan masyarakat penerima bantuan dana stimulan ini,” jelas.

Pada 24 Agustus 2017, lanjutnya, Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman telah menyampaikan usulan ke Kementerian PUPR untuk tahun anggaran 2018 mendatang sebanyak 500 unit RTLH.

“Untuk tahun anggaran 2018 mendatang telah kita usulkan pada bulan Agustus lalu sebanyak 500 unit RTLH untuk dianggarkan melalui DAK APBN, Insya Allah ini bisa terkabulkan,” pungkas Septian.(yan)

LEAVE A REPLY