Polisi Amankan Pengedar Uang Palsu Berbahan Kertas HVS

232
Uang palsu yang berhasil diamankan polisi | Foto: Sopian/PROGRES BS

PROGRES.ID,MANNA-Saat ini peredaran uang palsu kian marak,terbukti salah satu Warung di jalan Letnan Sulik kecamatan Kota Manna menjadi sasaran peredaran uang palsu.Menurut pemilik warung M.Sadikin uang itu didapat dari salah seorang remaja (Fu) yang saat itu berbelanja.Curiga dengan bentuk uang tersebut lantas ia langsung menghubungi pihak kepolisian.

“Karena curiga terhadap uang yang dibelanjakan oleh Fu merupakan Uang palsu, jadi kami segera menghubungi polisi.”ujar M.Sadikin.

Saat ini terduga pengedar uang palsu Fu masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian. Menurut Kapolres BS, AKBP Ordiva SIK melalui Kasat Reskrim, Iptu Rizqi Akbar (13/11/2016), bahwa Fu mendapatkan uang palsu tersebut dari terduga De.Saat dilakukan pengembangan diketahui ternyata De mencetak sendiri lembaran uang palsu tersebut dengan menggunakan printer Cannon dan dicetak menggunakan kertas HVS.

“Dari keterangan Fu uang itu didapatnya dari De. Sedangkan De mengakui uang itu sengaja dicetaknya sendiri dengan menggunakan printer.” ujar Kasat Reskrim Iptu Rizqi Akbar

Di duga ia sudah mulai mencetak uang palsu sejak tahun 2015 lalu dan hanya dilakukan seminggu  sekali sebanyak 2 lembar uang palsu pecahan Rp.50.000,00 serta 1 lembar uang palsu pecahan Rp.100.000,00.Kemudian uang tersebut diserahkan pada Fu untuk dibelanjakan hanya pada Sabtu malam.

“Usai belanja (dengan uang palsu) uang kembalian yang asli diserahkan kepada De. Oleh De, uang kembalian itu dibagi dua dengan temannya yang membelanjakan uang palsu tersebut.Kasus peredaran upal ini sedang diselidiki kemungkinan adanya keterlibatan orang lain selain kedua pelaku,”kata Rizki

Saat ini semua barang bukti berupa uang palsu dan alat cetak berupa printer sudah diamankan guna penyelidikan lebih lanjut. (Yan)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY