BPOM Bengkulu Amankan Ratusan Ribu Obat Tak Berizin Edar

Juni 26, 2019
Berita Utama Hukum 0   189 views 0
BPOM Bengkulu

BPOM Bengkulu berhasil mengamankan ratusan obat ilegal (Foto: Sopian/PROGRES.ID)

PROGRES ID, MANNA – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu bersama Unit Tipidter Polres Bengkulu Selatan berhasil mengamankan ratusan ribu pcs obat-obat yang diduga tidak memiliki izin edar dan mengandung bahan yang berbahaya di Pasar Desa Sulau Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (26/6/2019).

Selain tidak memiliki izin edar, ada juga obat-obat kuat yang tidak boleh lagi beredar di masyarakat serta obat-obat tradisional yang tak belisensi.

Kasi Penindak BPOM Bengkulu Oktar Tamba mengatakan, operasi tersebut dilakukan secara gabungan oleh BPOM Bengkulu dibantu Polres Bengkulu Selatan. Sebelum melakukan operasi, mereka mengaku telah lama melakukan penyelidikan.

“Kegiatan jual beli obat-obat tanpa izin dan ilegal tersebut sudah dua bulan ini kami intai, hal tersebut berdasarkan dari laporan warga setempat bahwa sering ada penjualan obat-obatan tersebut, maka dengan itu kami meminta bantuan dari Polres Bengkulu Selatan untuk melakukan penangkapan,” jelas Oktar Tamba.

Dari hasil operasi itu, BPOM dan Polres kemudian melakukan pendataan terhadap ratusan ribu pcs obat-obatan yang berhasil disita dari tangan R, S warga Sulau dan N, E warga Manna.

“Untuk proses selanjutnya keempat penjual obat tersebut akan di tindaklanjuti oleh Tim Penyidik PPNS BPOM Bengkulu,” imbuh Oktar.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Rudi Purnomo,S.Ik,MH melalui Kasat Reskrim AKP Enggarsyah Alim Baldi,S.Ik,SH disampaikan oleh Kanit Tipidter Ipda Gunawan mengatakan, pihaknya melakukan pembackupan terhadap operasi BPOM Bengkulu

“Kami hanya membackup, proses selanjutnya kita serahkan ke BPOM Bengkulu,” kata Ipda Gunawan.(yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *