Terdampak Banjir dan Longsor, Distan Rehabilitasi 45 Hektar Lahan Sawah

Mei 2, 2019
Berita Utama Pertanian 0   193 views 0
Rehabilitasi sawah

Distan BS mengerahkan alat berat untuk merehabilitasi sawah warga yang rusak diterjang banjir (Foto: Sopyan/PROGRES BS)

PROGRES.ID, MANNA – Pascabencana longsor dan banjir yang terjadi di Bengkulu Selatan pada Jumat (26/4/2019) lalu membuat ratusan lahan sawah dan perkebunan rusak.

Tidak sedikit para petani yang mengalami kerugian lantaran lahan dan tanaman yang rusak dan gagal panen akibat lahan pertanian atau kebun rusak diterjang banjir. Dinas Pertanian (Distan) Bengkulu Selatan pun berinisiatif merehabilitasi lahan pertanian yang rusak tersebut.

“Kami dari Dinas Pertanian melalui tim brigade melakukan rehabilitasi lahan yang rusak. Hari ini kami melakukan rehabilitasi lahan di Desa Batu Kuning dan Kelurahan Gunung Mesir Kecamatan Pasar Manna,” kata Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip, Kamis (02/05/2019).

Sukarni berujar, ada 45 hektar lahan sawah di dua lokasi tersebut yang terdampak banjir hingga menyebabkan lahan sawah milik para petani tersebut rusak.

“Kita terjunkan alat berat untuk merehabilitasi lahan sawah masyarakat itu agar bisa kembali dikelola warga,” ungkapnya.

Sukarni menyebut lahan sawah di Desa Batu Kuning dan Kelurahan Gunung Mesir paling parah kondisi kerusakannya.

“Untuk wilayah lain bisa swadaya saja karena kondisi tidak terlalu parah. Tapi pemerintah tetap akan memberikan bantuan benih kepada para petani sebagai bentuk kepedulian pemerintah,” pungkas Sukarni.(yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *