Inspektur BS: OPD Wajib Tindaklanjuti Temuan BPK

Mei 29, 2019
Birokrasi Hukum 0   171 views 0
Bupati Bengkulu Selatan menerima LHP

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menerima LHP BPK RI (Foto: Med. Center BS/PROGRES.ID)

PROGRES.ID, MANNA – Inspektur Bengkulu Selatan, Diah Winarsih menegaskan, OPD yang tercatat memiliki temuan kerugian negara dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI untuk segera menindaklanjuti temuan tersebut. Pasalnya, Inspektorat tidak segan melimpahkan permasalahan tersebut kepada pihak Aparat Penegak Hukum (APH) jika tidak ada itikat baik dari pihak OPD.

“Terkait hal ini sudah kami koordinasikan dengan pak Bupati. Dan sudah disetujui pihak OPD atau pihak ketiga yang tidak mau mengembalikan kerugian negara berdasarkan LHP BPK perwakilan Bengkulu itu. Beberapa OPD itu diantaranya ada Dinas PU-PR, Koperindag UM serta RSHD Manna,” tegas Diah ketika dikonfirmasi Rabu (29/5/2019).

Inspektorat, lanjut Diah, sedang merancang surat pernyataan komitmen untuk sejumlah OPD untuk segera menyelesaikan temuan BPK RI perwakilan Bengkulu tersebut. Pihaknya juga sudah menyiapkan dokumen pemeriksaan untuk diserahkan kepada Kejari Bengkulu Selatan untuk ditindaklanjuti secara hukum jika OPD yang bersangkutan tidak menunjukan itikat baik menyelesaikan temuan tersebut.

“Akan kami buatkan surat pernyataan berupa komitmen kesanggupan masing-masing OPD untuk menyelesaikan permasalahan (temuan) dari BPK RI tersebut. Nah nanti rencananya 14 Juni kita kumpulkan OPD untuk menandatangani surat pernyataan dari komitmen itu,” bebernya.(yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *