DPMD dan 71 Pemdes Teken MoU Datun dengan TP4D, 71 Desa Lagi Diharap Menyusul

Mei 23, 2018
Featured Hukum 0   16 views 0

PROGRES.ID, MANNA – Sebanyak 71 Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum Of Understanding (MoU) bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dengan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4D)Kejari BS pada Rabu (23/05/2018).

Kepala DPMD BS Siswanto mengatakan, dari 142 Desa yang ada di Kabupaten BS, baru separuhnya yang melakukan kesepakatan Datun dengan TP4D.

“Dari 142 Desa yang ada di Bengkulu Selatan ini, baru 71 Desa yang melakukan MoU. 71 Desa lagi saya harap bisa menyusul,” ungkap Siswanto saat menyampaikan sambutan.

Ia menambahkan, kerjasama bidang Datun dengan TP4D ini merupakan salah satu langkah mengantisipasi agar realisasi Dana Desa (DD) sesuai dengan apa yang sudah direncanakan melalui RPJMDes.

“Mou TP4D ini bagi Desa yang mau saja, dan yang tidak mau juga tidak masalah, hanya saja harapan kami, seluruh desa di Kabupaten Bengkulu Selatan ini ikut MoU dengan TP4D,” jelas Siswanto.

Sementara itu, Kepala Kejari (Kajari) BS Rohayatie mengatakan bahwa TP4D ini memiliki batasan-batasan dalam melakukan pengawasan, pasalnya TP4D hanya melakukan langkah pencegahan.

Kajari BS

Kajari BS Rohayatie bersalaman dengan Kepala DPMD Siswanto usai penandatangan MoU | Foto: Sopian/PROGRES.ID

“TP4D bersifat Pasif dan anggota TP4D tidak boleh dilibatkan dalam kepanitiaan pembangunan desa,” kata Rohayatie.

Tujuan TP4D, lanjutnya, untuk mencegah sedini mungkin terjadinya tindak pidana korupsi.

“Untuk Desa yang belum melakukan MoU diharapkan segera menyusul, dan diberi batasan waktu hingga 31 Juni 2018,” demikian Rohayatie.

Pada acara yang dimulai sekira pukul 10.00 WIB di Aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kota Manna tersebut selain dihadiri langsung Kajari BS Rohayatie, MH yang didampingi Kasi Intel Gusmilyansa, SH dan Kasi Datun Raismandani, SH dan Kepala BPMD BS Siswanto, S.Sos, M.Si, hadir pula Kabid PMD Hamdan Syarbaini, S.Sos, Fasilitator tingkat Kabupaten serta para Kepala Desa bersama perangkatnya dari 71 Desa.(yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *