DLH Akan Optimalkan Perda Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah

Oktober 19, 2018
Berita Utama Kota Manna 0   79 views 0

Petugas DLH Bengkulu Selatan Tengah membersihkan tumpukan sampah/foto: istimewa/progres.id

PROGRES.ID,BENGKULU SELATAN– Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Bengkulu Selatan lakukan pembersihan rutin disetiap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dinilai mengganggu  keindahan kota. Meskin papan peringatan telah dipasang  pada titik-titik tersebut namun permasalahan klasik tersebut seakan tak juga membuahkan hasil.

” Setiap hari petugas kami selalu membersihkan lokasi sampah liar tersebut. Bukan hanya sampah rumah tangga, ada juga bangkai hewan, dulu sudah pernah ditertibkan. Tapi sekarang terulang lagi. Kesadaran masyarakat membuang sampah ditempatnya masih sangat kurang. Padahal sudah ada papan pengumuman,” tegas Kepala DLHK Bengkulu Selatan Erwin Muchsin( 19/10/2018).

Ia juga menghimbau masyarakat yang akan membuang sampah dalam jumlah banyak bisa langsung menuju TPA Padang Gilang, atau meminta bantuan petugas kebersihan.

” Untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak membuang sampah disembarang tempat, kami akan menempatkan petugas kami di sejumlah lokasi dan bila mana petugas kami menemukan atau mendapati masyarakat yang dengan sengaja membuang sampah disembarang tempat, maka akan segera dilaporkan ke pihak berwajib,” tutur Erwin.

Sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah. Dimana setiap orang membuang, menumpuk, dan membakar sampah atau barang bekas sembarangan serta mengotori tempat dan fasilitas umum diancam dengan ancaman pidana kurungan tiga bulan atau denda paling banyak lima juta rupiah.

” Saya berharap kepada seluruh warga masyarakat di Bengkulu Selatan, mari sama-sama kita menjaga kebersihan dan keindahan kota kenangan ini.Mari kita budayakan hidup bersih dan sehat mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan,”pungkasnya.(Yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *