Jembatan Gantung Desa Gelumbang yang Rapuh, Kini Sedang Dibangun Gantinya

Oktober 20, 2018
Kota Manna 0   112 views 0

Kerusakan jembatan gantung di Desa Gelumbang Kecamatan Kota Manna sangat memprihatinkan dan membahayakan keselamatan  (Foto: Sopian Efendi/PROGRES BS)

PROGRES.ID, BENGKULU SELATAN – Jembatan gantung di Desa Gelumbang Kecamatan Kota Manna, Bengkulu Selatan yang dalam kondisi memprihatinkan dan membahayakan, kini sedang dikerjakan gantinya.

Lantai jembatan gantung yang terbuat dari papan tersebut sudah banyak yang patah dan rapuh, bahkan besi yang digunakan sebagai penyanggah lantai pun sudah banyak yang lepas.

Salah seorang warga Jalan Letnan Sulik RT 01 Kelurahan Padang Kapuk yang memiliki kebun kelapa sawit di seberang jembatan tersebut merasa sangat kesulitan untuk mengangkut hasil panen dari kebunnya. Ia mengaku senang jembatan itu dibangun kembali dengan struktur yang lebih baik.

“Kalau lagi panen kelapa sawit, kami sangat kesulitan untuk menyeberangkan hasil panen kami. Lihat sendiri lantai jembatan itu sudah rapuh. Kalau sekarang dibangun kami senang,” ujar Hamsulihan ketika dijumpai jurnalis di dekat jembatan tersebut, Jumat (29/10/2018) sekira pada pukul 11.20 WIB.

Pantauannya, jembatan baru sudah mulai dikerjakan dan ia berharap pengerjaan jembatan itu bisa tuntas tepat waktu dan dapat segera dimanfaatkan warga.

“Pengerjaan jembatan gantung yang baru sekarang sudah dimulai, mungkin saja dananya sampai Rp 1 Miliar. Kalau saya perhatikan jembatan gantung yang baru ini akan pakai pelat tebal untuk lantainya,” jelas Hamsulihan.

Sayangnya, pantauan jurnalis proyek pembangunan jembatan gantung itu tidak terdapat papan merek, sehingga masyarakat tidak mengetahui dana pasti pembangunan jembatan serta kontraktor yang mengerjakannya.

“Kurang tahu juga siapa kontraktornya dan dari mana sumber pendanaannya, apa pemerintah daerah apa dari pusat. Yang pasti pengematan kami ada orang dari Kota Bengkulu yang ngukur jembatan itu,” demikian Hamsulihan.(yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *